IDA , SUSANTI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERMUATAN STEM BERBASIS H5P MOODLE UNTUK MENUMBUHKANKAN KETERAMPILAN UNJUK KERJA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS PADA MATERI ALAT UKUR LISTRIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4085Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3942Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video interaktif bermuatan STEM berbasis H5P Moodle yang valid, praktis, dan efektif untuk menumbuhkan keterampilan unjuk kerja sebagai upaya untuk mengatasi learning loss pada materi Alat ukur listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode R &D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah pengembangan yakni: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi: angket analisis kebutuhan, angket uji validasi, angket uji kepraktisan, dan angket uji keefektifan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa Video Interaktif bermuatan STEM berbasis H5P Moodle hasil pengembangan valid, praktis, efektif digunakan dalam proses pembelajaran tatap mata terbatas (PTTM) melalui blended learning untuk menumbuhkan keterampilan unjuk kerja sebagai upaya untuk mengatasi learning loss. Pada uji kevalidan diperoleh validitas konstruksi rata-rata persentase 92% dan Validasi isi diperoleh persentase rata-rata 87%. Hasil analisis angket kepraktisan diperoleh bahwa Video Interaktif bermuatan STEM berbasis H5P Moodle dinyatakan praktis dengan keterbacaan produk diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat baik. Hasil uji respon pendidik menggunakan Video Interaktif bermuatan STEM berbasis H5P Moodle diperoleh persentase 87,6% dengan kategori sangat baik. Untuk respon peserta didik persentase 87%, hal ini mengindikasikan Video Interaktif bermuatan STEM berbasis H5P Moodle yang dikembangkan praktis. Keefektifan ditunjukkan oleh hasil analisis rata-rata persentase ketercapaian keterampilan unjuk kerja pada kelas eksperimen sebesar 87,5% dan kelas kontrol 73%. Peningkatan keterampilan unjuk kerja sebesar 14,5% menunjukkan bahwa Video Interaktif bermuatan STEM berbasis H5P Moodle sangat efektif untuk menumbuhkan keterampilan unjuk kerja sebagai upaya untuk mengatasi learning loss. Kata kunci: Video Interaktif; STEM;H5P; Unjuk kerja; Learning loss This study aim to develop an interactive STEM-based video based on H5P Moodle is valid, practical, and effective for cultivating performance skills as an effort to overcome learning loss in the material for measuring instruments. The research method used in this development is the R & D method using the ADDIE model which consists of five development steps namely: analyze, design, development, implementation, and evaluation. The data collection instruments used included: needs analysis questionnaires, validation test questionnaires, practicality test questionnaires, and effectiveness test questionnaires. The results showed that the H5P-based H5P Moodle-based Interactive Video developed was valid, practical, effective for use in limited face-to-face learning through blended learning to foster performance skills as an effort to overcome learning loss. In the validity test, the construction validity obtained an average percentage of 92% and content validation obtained an average percentage of 87%. The results of the practicality questionnaire analysis showed that the H5P-based H5P Moodle-based Interactive Video was declared practical with product legibility obtained a percentage of 96% in the very good category . The results of the teacher's response test using Interactive Video with STEM-based H5P Moodle obtained a percentage of 87.6% in the very good category. For student responses the percentage is 87%, this indicates an interactive video with STEM content based on the H5P Moodle that was developed practically. Effectiveness is shown by the results of the analysis of the average percentage of achievement of performance skills in the experimental class of 87.5% and 73% in the control class. An increase in performance skills of 14.5% shows that Interactive Video with STEM content based on Moodle's H5P is very effective for growing performance skills as an effort to overcome learning loss. Key word: Interactive videos; STEM; H5P; Performance; Learning loss
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301529959 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:40 |
Terakhir diubah: | 09 Jun 2023 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71825 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |