PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ BERBASIS APLIKASI NEARPOD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK BUDI KARYA NATAR

FEBRI, SETIAWAN (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ BERBASIS APLIKASI NEARPOD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK BUDI KARYA NATAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3148Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2130Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif materi perakitan komputer kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) berbasis aplikasi nearpod yang telah dikembangkan oleh Rahmawati (2022) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Desain penelitian quasi-experiment design bentuk nonequivalent control group dengan melibatkan 40 siswa kelas X TKJ di SMK Budi Karya Natar. Instrumen yang digunakan angket skala motivasi belajar, tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif, dan lembar penilaian ujian praktikum untuk hasil belajar psikomotorik. Teknik pengumpulan data dengan pemberian pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T-test, bahwa motivasi belajar, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar psikomotorik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai effect size motivasi belajar 2,908, hasil belajar kognitif 3,357, dan hasil belajar psikomotorik 1,458 dengan kategori besar. Melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod pada materi perakitan komputer menunjukkan peserta didik termotivasi dengan baik untuk meningkatkan keaktifan, pemahaman materi dan meningkatkan hasil belajar siswa di ranah kognitif dan psikomotorik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301013444 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:47
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71828

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir