PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SUBSTITUTION, AUGMENTATION, MODIFICATION, AND REDEFINITION (SAMR) BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Tukino, Tukino (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SUBSTITUTION, AUGMENTATION, MODIFICATION, AND REDEFINITION (SAMR) BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1437Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tesis Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (1302Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran e-modul yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Proses pengembangan media ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Cendikia Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dipilih secara acak. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji- t. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi e-modul oleh tiga validator mendapatkan skor rata-rata 85,17 % dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil tanggapan guru dan peserta didik terkait kepraktisan e-modul memperoleh skor rata-rata 90,91 % dan 90 % dengan kriteria sangat praktis. Hasil Uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan literasi matematika diperoleh 0.000 < 0.05, sehingga e-modul berbasis SAMR dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Kata kunci: e-modul, kemampuan literasi matematika, model pembelajaran SAMR. This research is a development research which aims to produce products in the form of e-module learning media that are valid, practical and effective in improving students' mathematical literacy skills. The process of developing this media uses the ADDIE research and development model (analyze, design, develop, implement, and evaluate). The research subjects were students of class VIII at the Integrated Islamic Middle School of Tulang Bawang, who were randomly selected. Collecting data using interview techniques, questionnaires and tests of mathematical literacy skills. The data analysis technique used is descriptive statistics and t-test. Based on the research, it was obtained data from the validation results of the e-module by three validators obtaining an average score of 85.17% with very valid criteria, while the results of teacher and student responses related to the practicality of the e-module obtained an average score of 90.91% and 90% with very practical criteria. The results of the t-test on increasing (N-gain) mathematical literacy skills obtained 0.000 <0.05, so that SAMR-based e-modules can be used as alternative media in learning to help improve students' mathematical literacy abilities. Keywords: e-module, mathematical literacy skills, SAMR learning model.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301111441 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:02
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71834

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir