PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BIOGRAFI TOKOH PENDIDIKAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG SISWA KELAS 7 SMP KABUPATEN PRINGSEWU

MOHAMMAD, RIDWAN (2023) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BIOGRAFI TOKOH PENDIDIKAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG SISWA KELAS 7 SMP KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Tesis Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3025Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. Tesis Full tanpa Pembahasan.pdf

Download (3026Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Terbatasnya pustaka pada materi biografi tokoh pendidikan untuk pembelajaran Bahasa Lampung kelas VII SMP Kabupaten Pringsewu menimbulkan kebutuhan peserta didik terhadap penggunaan modul yang bisa dipelajari secara mandiri. Tujuan penelitian menghasilkan produk pengembangan materi pembelajaran biografi tokoh pendidikan berbasis articulate storyline serta mendeskripsikan kelayakan produk untuk pembelajaran Bahasa Lampung kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan 7 tahapan, yaitu (1) Analisis Kebutuhan, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi akhir produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist untuk mengetahui kualitas modul dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif dari hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi, dan uji coba respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang berbasis Articulate storyline ini mendapatkan kategori sangat layak. Kriteria kelayakan meliputi Bahasa pada e-modul, materi, kemenarikan, dan kegrafikan. Penilaian tersebut berdasarkan penilian ahli materi, ahli media, praktisi guru Bahasa Lampung, dan 100 siswa kelas VII dari UPT SMPN 1 Adiluwih. Persentase kelayakan dari pengujian oleh ahli dan praktisi sebesar 92,7%, sedangkan persentase dari dua kali uji coba kepada siswa sebesar 91%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 2301019416 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:20
Terakhir diubah: 13 Jun 2023 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71917

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir