Linda Asrina, 1013024081 (2015) PENGARUH PENGUNAAN LKS BERBENTUK WORD SQUARE MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Talang Padang Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (255Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di kelas X SMA Negeri 1 Talang Padang, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS word square terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKS word square melalui media video berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata Ngain 50.25. Untuk ranah kognitif tidak signifikan pada C4, C5, C6. Hasil aktivitas siswa menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 79,81 % hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu melihat dan memperhatikan video berkriteria baik (78,21%); mendengarkan penjelasan guru berkriteria baik (78,85%); diskusi dan mengerjakan LKS berkriteria baik (79,49%); mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria baik (82,69%). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci : Hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, LKS word square, Msedia video
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education > QR Microbiology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 5050040 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 03:55 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2015 03:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7199 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |