PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN BLENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

NA’IMATHUL , MAHMUDA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN BLENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL_compressed (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1646Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (900Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan mind mapping pada pembelajaran blended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Impuls dan Momentum. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control group. Sampel penelitian kelas X IPA 1 (kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional) dan IPA 2 (kelas eksperimen dengan model PBL berbantuan mind mapping pada pembelajaran blended) di SMAN 1 Liwa. Instrumen tes yang digunakan berupa 8 soal essay. Tingkat efektivitas perlakuan model PBL berbantuan mind mapping pada pembelajaran blended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan uji effect size sebesar 0,597 yaitu dalam kategori sedang. Rata-rata ngain kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dalam kategori sedang yaitu 0,519. Adapun rata-rata n-gain kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol dalam kategori rendah yaitu 0,297. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif secara signifikan sig. (2-tailed) > 0,000 antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan paling besar terjadi pada indikator flexibility dengan nilai n-gain sebesar 0,929 yaitu termasuk kategori tinggi. Model PBL berbantuan mind mapping pada pembelajaran blended berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: mind mapping, berpikir kreatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301187632 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:09
Terakhir diubah: 13 Jun 2023 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72062

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir