PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Agung Dian, Putra (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak (1).pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] File PDF
tesis full (lengkap).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1290Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
tesis (tanpa pembahasan).pdf

Download (1292Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran di masa pandemi menjadikan adanya perubahan proses yang dilakukan guru dalam penerapan metode dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran daring yang masih berbasis pemberian tautan bahan ajar menjadikan pembelajarannya menjadi kurang menarik. Penggunaan teknologi yang diterapkan di masa pandemi menjadikan setiap siswa dan orang tua akan mengikuti perkembangan teknologi. Flipbook digital merupakan salah satu media bahan ajar yang berbasis teknologi yang mudah dalam pembuatan dan penggunaan menjadi salah satu alternatif penggunaan media pembelajaran di masa pandemi. Kemampuannya yang bisa digunakan pada smartphone menjadikannya sangat bisa diandalkan. Siswa tingkat sekolah dasar yang pada dasarnya menggunakan pembelajaran kontekstual dirasa tepat menggunakan bahan ajar dengan media ini. Untuk melihat seberapa efektif penggunaan flipbook digital terhadap proses pembelajaran, maka dilakukan penelitian ini dengan menggunakan pengembangan model ADDIE. Pengembangan dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan siswa dan guru, kemudian melakukan tahap perancangan untuk mendesain bahan ajar, kemudian melakukan pengembangan bahan ajar yang telah didesain dengan validasi oleh beberapa validator, kemudian dilakukan tahap implementasi untuk menerapkan bahan ajar ke siswa, dan terakhir dilakukan evaluasi untuk mengukur keefektivan penggunaan medianya. Hasilnya, berdasarkan uji N-Gain diperoleh skor sebesar 57,21% yang menunjukkan bahwa flipbook digital cukup efektif terhadap proses pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301709277 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:16
Terakhir diubah: 14 Jun 2023 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72164

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir