PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 1 BANJAR MARGO

Murni , Sari Dewi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 1 BANJAR MARGO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2127Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1985Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Banjar Margo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang terlibat adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjar Margo kelas VII.1 dan VII.2 yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang utama adalah dengan menggunakan angket tertutup, sedangkan teknik pendukungnya adalah observasi. Serta teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft Excell dan SPSS v25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 1 Banjar Margo, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap aktivitas belajar dengan persentase 49,3%. Peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih aktif dalam pembelajaran serta peserta didik lebih antusias dalam berinteraksi baik dengan guru maupun dengan peserta didik lainnya. Kata Kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301924890 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:17
Terakhir diubah: 15 Jun 2023 01:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72239

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir