SASA , OKTAVIANA DEWI (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PhET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (290Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2491Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2058Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning berbantuan PhET simulation pada pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 13 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data diuji menggunakan analisis N-Gain, Uji Independent Sample T-Test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi.Berdasarkan hasil dari uji independent sample T-Test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size diperoleh nilai Cohen’s d sebesar 1,62 dengan kategori tinggi. Hal ini menujukkan pengaruh yang siginifikan pada penggunaan model problem based learning berbantuan PhET Simulation pada pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: PhET Simulation, Problem Based Learning, Hukum Hooke Kemampuan Berpikir Kritis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301305311 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:23 |
Terakhir diubah: | 15 Jun 2023 01:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72243 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |