PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PhET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

SASA , OKTAVIANA DEWI (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PhET SIMULATION PADA PEMBELAJARAN ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2491Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2058Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning berbantuan PhET simulation pada pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 13 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data diuji menggunakan analisis N-Gain, Uji Independent Sample T-Test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi.Berdasarkan hasil dari uji independent sample T-Test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size diperoleh nilai Cohen’s d sebesar 1,62 dengan kategori tinggi. Hal ini menujukkan pengaruh yang siginifikan pada penggunaan model problem based learning berbantuan PhET Simulation pada pembelajaran elastisitas dan hukum Hooke terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: PhET Simulation, Problem Based Learning, Hukum Hooke Kemampuan Berpikir Kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301305311 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:23
Terakhir diubah: 15 Jun 2023 01:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72243

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir