PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERBASIS STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Alfath, Akbar (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) BERBASIS STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2086Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2024Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inquiry Based Learning (IBL) berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sampel pada penelitian ini, yaitu peserta didik kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 pada SMAN 16 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Metode Penelitian yang digunakan, yaitu quasi experiment design dengan non-equivalent control group design. Teknik Pengumpulan data hasil belajar yang digunakan dilakukan dengan teknik tes, dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dengan 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini terlihat dari nilai rata�rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05, artinya kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar, dimana peningkatan kelas eksperimen memperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik yang lebih tinggi. Hasil uji ANCOVA diperoleh sig. (2- tailed) sebesar 0,040 hal tersebut menunjukkan bahwa sig. < 0,05 sehingga IBL berbasis STEM memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai partial eta square yang diinterpretasikan ke dalam effect size diperoleh nilai 0,071 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan penerapan IBL berbasis STEM efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik suhu dan kalor dengan kategori sedang. Melalui pembelajaran IBL berbasis STEM yang diterapkan menunjukkan hasil yang baik dalam pembelajaran dan penguasaan materi peserta didik sehingga mampu memberikan hasil belajar yang lebih baik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301218358 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:13
Terakhir diubah: 15 Jun 2023 09:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir