IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD PASCA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT TAHUN AJARAN 2022/2023

ELYZA YUSVINA , CUT DINIAR (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD PASCA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1787Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1678Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran di lembaga PAUD pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 111 guru di Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 33 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran pasca pandemi covid-19 baik (42,4%). Dengan tiga dimensi yaitu: (1) perencanaan pembelajaran termasuk pada kategori baik (45,5%) guru membuat materi dan bahan ajar sesuai dengan minat, mengatur waktu pembelajaran secara efisien, serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sebelum pembelajaran; (2) proses pembelajaran yang terlaksana dengan sangat baik (54,55%) yakni guru memperhitungkan kecukupan waktu pelaksanaan pembelajaran, memperhatikan kecukupan jumlah dan keragaman jenis bahan ajar serta alat permainan edukatif dengan anak didik, dan mengutamakan interaksi antara anak dan teman sebaya, anak dengan pendidik, serta anak dan lingkungannya; (3) penilaian pembelajaran pasca pandemi dilakukan cukup baik (48,58%) dengan penilaian yang mencakup semua aspek perkembangan yang dirumuskan dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, penilaian berdasarkan prosedur dan kriteria yang jelas, serta objektif, penilaian mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak, baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yakni agar dapat menganalisis faktor yang dapat meningkatkan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, serta penilaian pembelajaran. Kata kunci : implementasi pembelajaran, pasca pandemi, pendidikan anak usia dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301511770 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:53
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72396

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir