ANALISIS KINERJA PRODUKSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERIPIK KULIT IKAN PATIN (Studi Kasus pada Rafin's Snack Kabupaten Pringsewu)

ANINDYA, PUTRI NISMARA (2023) ANALISIS KINERJA PRODUKSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERIPIK KULIT IKAN PATIN (Studi Kasus pada Rafin's Snack Kabupaten Pringsewu). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (3108Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3607Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3614Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja produksi dan strategi pengembangan agroindustri keripik ikan patin. Lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Agroindustri Rafin’s Snack merupakan agroindustri keripik terbesar di Kecamatan Pajaresuk serta memiliki potensi untuk dikembangkan. Responden pada penelitian ini merupakan berbagai pihak yang memiliki kontribusi dalam analisis kinerja produksi dan strategi pengembangan agroindustri meliputi pemilik Agroindustri Rafin’s Snack, perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu, perwakilan Diskoperindag Kabupaten Pringsewu, dan dosen ahli Universitas Lampung. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari tahun 2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja produksi, analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), dan analisis QSPM (Quantitative, Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Agroindustri Rafin’s Snack berdasarkan aspek produktivitas, kualitas, kecepatan pengiriman, dan kecepatan proses sudah baik, sedangkan berdasarkan aspek fleksibilitas belum baik. Kekuatan utama Agroindustri Rafin’s Snack adalah ketersediaan bahan baku yang cukup. Kelemahan utama adalah keterbatasan modal. Peluang utama adalah jangkauan pasar luas. Ancaman utama adalah perubahan selera masyarakat. Strategi pengembangan Agroindustri Rafin’s Snack yang menjadi prioritas adalah riset konsumen dan beradaptasi dengan menciptakan lebih banyak varian rasa produk, penggunaan aplikasi kasir berbasis cloud (point of sale) dalam melakukan transaksi, pemanfaatan electronic word of mouth (eWOM) dengan penggunaan jasa influencer atau key opinion leaders (KOL) untuk promosi produk dan peningkatan brand awareness, penyelenggaraan seminar edukatif bekerja sama dengan universitas (business goes to campus) untuk memperkuat brand identity dan membangun kepercayaan konsumen, serta pemanfaatan bantuan mesin produksi yang diberikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci : Keripik patin, kinerja produksi, QSPM, strategi pengembangan, SWOT

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2301542426 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:43
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72436

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir