RELASI PERTUKARAN SOSIAL ANTAR AKTOR PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA GULA MERAH KELAPA DI PEKON TRISNOMAJU KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN

IZZATUL , JANNAH (2023) RELASI PERTUKARAN SOSIAL ANTAR AKTOR PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA GULA MERAH KELAPA DI PEKON TRISNOMAJU KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3511Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2821Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran mengenai proses terjadinya pertukaran sosial antar aktor pada industri rumah tangga gula merah kelapa, (2) mengungkapkan cost-reward yang dipertukarkan dalam jalinan relasi pertukaran sosial antar aktor tersebut, dan (3) mengetahui struktur pertukaran sosial yang terbentuk dari adanya jalinan relasi sosial antar aktor. Penelitian ini dilakukan pada aktor-aktor yang terlibat dalam jalinan relasi pertukaran sosial dalam industri rumah tangga gula merah kelapa, meliputi penderes dengan aktoraktor lain (pemilik pohon kelapa, istri penderes, dan pengepul) yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pertukaran sosial antara penderes dan tiga aktor lainnya terjadi melalui beberapa tahapan, yaitu diawali dengan pemenuhan kebutuhan, pembentukan kepercayaan dan kesepakatan, sampai terjalin relasi pertukaran sosial yang berkelanjutan. Costreward yang dipertukarkan dalam jalinan relasi pertukaran sosial antar aktor juga beragam diantaranya, seperti tenaga, waktu, bahan baku, hasil produksi, kepercayaan, sampai pada kemudahan akses memperoleh pinjaman. Kemudian berdasarkan proses terjadinya pertukaran tersebut, maka membentuk sebuah struktur pertukaran langsung diadik dan pertukaran tidak langsung. Kata Kunci: Relasi Pertukaran Sosial, Industri Rumah Tangga, Gula Merah Kelapa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2301133149 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:55
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72469

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir