PERAN DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN TRANSMIGRASI DALAM PEMBANGUNAN SDM BERBASIS PROGAM SMART VILLAGE (Studi di Desa Way Lunik Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara)

EMA , ANGGRAINI (2023) PERAN DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN TRANSMIGRASI DALAM PEMBANGUNAN SDM BERBASIS PROGAM SMART VILLAGE (Studi di Desa Way Lunik Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2758Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2528Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini di latarbelakangi oleh sumber daya manusia yang belum memadai dalam penggunaan tekhnologi digital di Desa Way Lunik, sehingga dibutuhkan penguatan sumber daya manusia yang menguasai teknologi melalui progam smart village. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dinas pemberdayaan masyarakat, desa dan transmigrasi dalam pembangunan sumber daya manusia melalui progam smart village, mengetahui faktor pendorong dan penghambat peran dinas pemberdayaan masyarakat, desa dan transmigrasi dalam pembangunan sumber daya manusia melalui progam smart village. Jenis metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif melalui teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi dengan responden yang berasal dari Desa Way Lunik yang akan diolah dengan cara teknik pengolahan data editing dan interpretasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran dinas pemberdayaan masyarakat desa dan transmigrasi dalam pembangunan sumber daya manusia berbasis progam smart village di Desa Way Lunik berada pada taraf 87,56 yang artinya berperan karena dari semua indikator elemen smart village menunjukkan hasil yang tinggi dengan rentang 76% - 100% pada tiga elemen yaitu smart government, smart community, dan smart environment. Tetapi pada smart community yaitu khususnya pada indikator komunitas yang mengembangan teknologi informasi dan komunikasi, aparatur desa belum mampu membuat aplikasi untuk mengembangkan pembangunan potensi desa, sehingga dari ketiga elemen ini masing-masing berperan sebagai indikator terwujudnya pembangunan sumber daya manusia yang berjalan dengan baik akan tetapi masih kurangnya pelatihan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai progam smart village tersebut. Kata Kunci : Peran Dinas PMDT, Pembangunan SDM, Progam Smart Village

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2301268508 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:04
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 09:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72498

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir