PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIFRAKSI CAHAYA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN SCIENTIFIC CREATIVITY DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

Dila Triwahyu, Ambara (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIFRAKSI CAHAYA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN SCIENTIFIC CREATIVITY DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1613022005_DILA TRIWAHYU AMBARA_ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
1613022005_DILA TRIWAHYU AMBARA_FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1830Kb)
[img]
Preview
File PDF
1613022005_DILA TRIWAHYU AMBARA_FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1717Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis project-based learning pada materi difraksi cahaya yang praktis dan valid untuk membangun keterampilan scientific creativity dan kolaborasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Design & Development Research (DDR) yang terdiri atas 4 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Tahap analisis, didapatkan hasil bahwa dibutuhkannya bahan ajar yang melatihkan keterampilan scientific creativity dan kolaborasi. Pada tahap desain dilakukannya pembuatan storyboard untuk mengembangkan bahan ajar. Sedangkan pada tahap pengembangan, didapatkannya bahan ajar berbasis project-based learning yang selanjutnya dilakukan pengujian validitas dan kepraktisan. Instrumen yang digunakan pada uji kevalidan adalah lembar skala validasi yang terdiri atas validasi isi dan validasi desain. Sedangkan instrumen yang digunakan pada uji kepraktisan terdiri atas uji keterbacaan, respon pendidik, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar berbasis project-based learning : 1) valid, yang ditunjukkan dengan a) nilai rata-rata validasi isi yaitu 3,25 dengan kategori valid dan b) nilai rata-rata validasi desain yaitu 2,98 dengan kategori valid. 2) sangat praktis, yang ditunjukkan dengan a) persentase rata-rata uji keterbacaan yaitu 74%, b) respon positif pendidik (92%) terhadap bahan ajar, c) respon positif peserta didik (79,5%) terhadap bahan ajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301307095 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:38
Terakhir diubah: 21 Jun 2023 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir