PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Way Krui Tahun Pelajaran 2013/2014)

FEBRI, 1013024008 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Way Krui Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (231Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 1Way Krui, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar biologi siswa di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT dengan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa dalam materi pokok organisasi kehidupan. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Krui Tahun Pelajaran 2013/2014. Sam¬¬pel penelitian adalah siswa kelas VII.A dan VII.B yang dipilih dengan tek¬nik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes, serta N-gain yang dianalisis dengan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap model TGT dengan media ular tangga dianalisis secara deskriptif menggunakan indeks aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 66,14 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 59,77. Selain itu, rata-rata persentase aktivitas belajar siswa berkriteria tinggi, dengan persentase peningkatan aktivitas siswa pada aspek mendengarkan pendapat 93,94 , mengajukan pertanyaan 58,33, bertukar informasi 75,76, bekerja sama dalam kelompok 75,76, dan membuat kesimpulan 87,12. Pada peningkatan rata-rata indikator C1 untuk kelas eksperimen adalah 40,15, kelas kontrol 16,67. Peningkatan rata-rata indikator C2 untuk kelas eksperimen adalah 28,56, kelas kontrol 22,22. Peningkatan rata-rata indikator C3 untuk kelas eksperimen adalah 43,94, kelas kontrol 31,82. Hasil angket diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TGT dengan media ular tangga pun mendapat tanggapan yang positif dari siswa. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model TGT dengan media ular tangga berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model TGT dengan media ular tangga,hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 8797838 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2015 06:28
Terakhir diubah: 23 Feb 2015 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7262

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir