PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF MICROSOFT SWAY DAN PPT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA

Maissy, Risma Manalu (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF MICROSOFT SWAY DAN PPT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1246Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1077Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian yaitu menganalisis (1) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media interaktif microsoft sway terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. (2) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media interaktif powerpoint terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. (3) perbedaan pengaruh keterampilan kolaborasi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media interaktif microsoft sway dengan menggunakan media interaktif powerpoint. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara dengan jumlah 65 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan jumlah 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media interaktif microsoft sway terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik dengan signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001. (2) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media interaktif powerpoint terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik dengan signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001. (3) terdapat perbedaan pengaruh keterampilan kolaborasi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media interaktif microsoft sway dengan menggunakan media interaktif powerpoint pada peserta didik dengan signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001 . Kata Kunci : keterampilan kolaborasi, kooperatif, microsoft sway, powerpoint The research problem is the low collaboration skills the fourth grade students of SD Negeri 4 Metro Utara. The research objectives are to analyze (1) the effect of the application of STAD type cooperative learning model using microsoft sway interactive media on students' collaboration skills. (2) the effect of the application of STAD type cooperative learning model using powerpoint interactive media on students' collaboration skills. (3) the difference effect in collaboration skills between the application of STAD type cooperative learning model using microsoft sway interactive media and using powerpoint interactive media. The research method used Quasi Experimental Design. The study population is all fourth grade students of SD Negeri 4 Metro Utara with a total of 65 students. The sampling technique used is simple random sampling technique with a total of 44 students. Data collection techniques using test and observation. Data analysis using the t test. Based on the results of the study it can be concluded that: (1) there is an positive effect of applying the STAD type cooperative learning model using microsoft sway interactive media on students' collaboration skills with a significance (2-tailed) of 0.001. (2) there is an positive effect of applying the STAD type cooperative learning model using powerpoint interactive media on students' collaboration skills with a significance (2-tailed) of 0.001. (3) there is a difference effect in collaboration skills between the application of STAD type cooperative learning model using microsoft sway interactive media and using Powerpoint interactive media in students with a significance (2-tailed) of 0.001. Keywords: collaboration skills, cooperative, microsoft sway, powerpoint

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301600074 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:58
Terakhir diubah: 21 Jun 2023 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir