PENGEMBANGAN ASESMEN PENALARAN BERBASIS DIMENSI PEMBELAJARAN MARZANO PADA PEMECAHAN MASALAH TANAH MASAM TINGKAT SMA

Ken Ayu Windy , Wahyuningsih (2023) PENGEMBANGAN ASESMEN PENALARAN BERBASIS DIMENSI PEMBELAJARAN MARZANO PADA PEMECAHAN MASALAH TANAH MASAM TINGKAT SMA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2103Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1369Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Era Super Smart Society menjadi tantangan terbaru masyarakat global. Persiapan sumber daya manusia sejak dini perlu dilakukan untuk mencapai ke-siapan yang ideal dalam menghadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengem-bang¬kan Instrumen Asesmen Pena¬lar¬an berbasis Dimensi Pembelajaran Marzano pada pemecahan masalah tanah ma¬¬sam, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan tanggapan guru terhadap ins¬trumen yang dikembangkan sebagai jawaban atas metode yang dapat digunakan dalam menghadapi era baru. Desain penelitian di-gunakan adalah penelitian pe¬ngem¬¬bangan menurut Thiagarajan sampai pada tahap ketiga dari empat ta¬hap, yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Sum¬ber data awal adalah siswa kelas XI dari tiga sekolah berbeda, guru dari lima sekolah berbeda, dan tiga validator ahli. Data diperoleh dari valida¬tor, guru, dan siswa ke¬mudian di¬analis¬is menggunakan metode analisis sta¬tis¬tik des¬kriptif. Karakteristik asesmen yang dikembangkan mengikuti alur dimensi pembe-la¬jar¬an Marzano yaitu persepsi dan sikap terhadap pengetahuan, perolehan dan peng¬¬¬integrasian pengetahuan, perluasan dan penyempurnaan pengetahuan, peng-gunaan pengetahuan secara bermakna, dan habit of mind. Asesmen digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu asesmen dimensi satu, asesmen dimensi dua sampai empat, dan asesmen dimensi lima. Puncak dari dimensi pembelajaran Marzano dilatih mengguna¬kan menggunakan problem based lear¬ning. Hasil validasi dan tanggapan guru pada aspek isi dan as¬pek konstruksi memiliki kategori sangat tinggi. Dengan demikian, asesmen pe¬nalar¬an berbasis dimensi pembelajaran Marzano pada pemecahan masalah tingkat SMA yang dikembang¬kan dapat di-katakan valid dan layak digunakan dalam pem¬belajaran. Kata kunci : Asesmen Marzano, problem based learning, habit of mind, Tanah Masam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301514351 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:45
Terakhir diubah: 20 Jun 2023 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir