MENINGKATKAN HASIL BELAJAR YANG MEMBIASAKAN HIDUP SEHAT MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER GENAP DI SDN 03 PERUMNAS WAY HALIM TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

, NURYANA (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR YANG MEMBIASAKAN HIDUP SEHAT MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER GENAP DI SDN 03 PERUMNAS WAY HALIM TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (168Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (290Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan membiasakan hidup sehat pada siswa kelas 1 SDN 03 Perumnas Way Halim setelah mengikuti penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus yang masing-masing siklus meliputi menyusun rancangan tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Hasil tindakan pada siklus I belum menunjukkan keberhasilan yang memuaskan karena kurang maksimalnya penggunaan alat peraga yang dilaksanakan dalam pembelajaran dan guru masih menggunakan metode ceramah. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75, dimana terdapat 5 orang siswa belum mencapai kriteria ketuntasan. Suasana belajar masih gaduh dan kurang aktif dan kreatif sehingga siswa kurang terpusat perhatiannya dalam mengikuti pembelajaran. Siswa tertarik dengan metode pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang dibuatkan oleh guru. Hasil tes formatif pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85. Hasil tindakan pada siklus III menunjukkan keberhasilan yang memuaskan. Berdasarkan data pada siklus I dan II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas 1 SDN 03 Perumnas Way Halim Tahun Pelajaran 2010-2011.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 24 Jan 2014 04:53
Last Modified: 24 Jan 2014 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item