PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS JUCAMA BERBANTU ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK

Agus Nurdiyanto, 2123021022 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS JUCAMA BERBANTU ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL_STAF ONLY.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2570Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL_TANPA HASIL PEMBAHASAN.pdf

Download (1702Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan produk e-modul berbasis JUCAMA berbantu android bagi siswa SMK, (2) menghasilkan produk e-modul berbasis JUCAMA berbantu android bagi siswa SMK yang valid dan praktis, (3) menguji efektivitas produk e-modul berbasis JUCAMA berbantu android dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Desain, Develop, Implement, Evaluate). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan DPIB (kelas eksperimen) dan TKP (kelas kontrol) SMK Negeri 3 Metro. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, angket ahli dan kepraktisan, serta soal kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan : (1) proses pengembangan produk menggunakan tahapan pengembangan ADDIE meliputi : (a) tahap analyze yaitu menganalisis kebutuhan pembaruan bahan ajar dengan observasi dan wawancara, (b) tahap desain yaitu melakukan desain produk awal menggunakan program Flip PDF Corporate Edition 2.4.9.18 dan aplikasi android menggunakan iSpring Suite 10 dan convert dengan aplikasi Website 2 APK Builder Pro, (c) tahap develop yaitu melakukan validasi ahli (materi, media, dan desain) dan uji kepraktisan, (d) tahap implement yaitu menggunakan e-modul berbasis JUCAMA berbantu android yang valid dan praktis dalam pembelajaran, (e) tahap evaluate yaitu melakukan evaluasi pada setiap tahapan pengembangan, (2) e-modul berbasis JUCAMA berbantu android valid (76,2%) dan sangat praktis (84,25%), (3) e-modul berbasis JUCAMA berbantu android efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai signifikan uji t perbedaan dua rata-sebesar 0,000 < 0,05 dan N-Gain sebesar 0,3763 dengan kategori sedang. Kata Kunci : Android, E-modul, JUCAMA, Kemampuan Pemecahan Masalah. This study aims to: (1) describe the process of developing JUCAMA-based e�module products assisted by Android for SMK students; (2) produce an JUCAMA�based e-module product assisted by Android for SMK students that is valid and practical; and (3) test the effectiveness of JUCAMA-based e-module products assisted by Android in improving the mathematical problem-solving skills of vocational high school students. This type of research is development research using the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The sample of this study were students of class X majoring in DPIB (experimental class) and TKP (control class) at SMK Negeri 3 Metro. The research instruments included observation sheets, expert and practical questionnaires, as well as problem-solving abilities. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and tests. Based on the results and discussion it was concluded: (1) the product development process uses the ADDIE development stages including: (a) the analyze stage, namely analyzing the needs for updating teaching materials by observation and interviews, (b) the design stage, namely carrying out initial product designs using the Flip PDF Corporate Edition program 2.4.9.18 and the android application uses iSpring Suite 10 and converts it with the Website 2 APK Builder Pro application, (c) the develop stage, namely is conducting expert validation (material, media, and design) and practicality testing, (d) the implement stage, namely is using JUCAMA based e-module product assisted by android that are valid and practical in learning, (e) the evaluate stage, namely evaluating at each stage of development, (2) JUCAMA based e-module product assisted by android are valid (76.2%) and very practical (84.25%), (3) A JUCAMA�based e-module product assisted by Android is effective for improving problem�solving abilities, with a significant value of the t-test difference between two averages of 0.000 < 0.05 and an N-Gain of 0.3763 in the medium category. Keywords: Android, e-module, JUCAMA, problem-solving abilitY.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301474927 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:29
Terakhir diubah: 22 Jun 2023 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir