Siti, Musfiroh (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (288Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1486Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (924Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika SMA pada materi dinamika rotasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kualitas instrumen kualitas instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi Fisika SMA yang mencakup validitas isi oleh penilaian ahli, validitas empiris berdasarkan kecocokan butir soal dengan model Rasch dan PCM, reliabilitas, dan indeks kesukaran butir soal. (2) profil hasil pengukuran instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi Fisika SMA. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Pada penelitian dikembangkan instrumen tes berpikir tingkat tinggi mata pelajaran fisika kelas XI SMA semester gasal dengan materi dinamika rotasi. Model pengembangan yang digunakan diadaptas dari model pengembangan Borg & Gall. Penelitian dilakukan di MAN 1 Bandar Lampung dengan 42 peserta didik kelas XI. Teknik analisis data diantaranya: (1) kualitas instrumen berdasarkan validitas isi dari penilaian ahli menggunakan analisis Aiken’s V, validitas empiris berdasarkan kecocokan butir soal dengan model Rasch untuk data dikotomus dan model partial credit model (PCM) untuk data politomus dengan berbantuan program Quest, reliabilitas dianalisis dengan bantuan program Quest yang disajikan pada nilai internal consistency, dan indeks kesukaran butir soal dianalisis dengan program Quest. (2) profil hasil pengukuran kemampuan dikelompokan menjadi tiga kategori yang disajikan dalam analisis program Quest pada estimate. Penelitian dan pengembangan menghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika SMA dengan hasil diantaranya: (1) kualitas instrumen yang ditinjau dari validitas isi berdasarkan penilaian ahli berada pada kategori valid. Validitas empiris berdasarkan kecocokan butir dengan pendekatan IRT model Rasch dalam kriteria sangat andal. Tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang -2,17 sampai dengan 1,51, (2) Profil hasil pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi diketahui secara keseluruhan peserta didik memiliki kemampuan dalam kategori sedang.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301089135 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 02:32 |
Terakhir diubah: | 22 Jun 2023 02:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72848 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |