SALMA NURLIA , PUTRI (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ETNOSAINS KUE BAY TAT DALAM MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1912Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1832Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis etnosasin kue bay-tat dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretst-postest control gorup design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 02 Seluma. Pengambilan sampel memnggunakan teknik cluster random sampling, didapatkan sampel yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Inistrumen yang digunakan berupa 4 soal uraian yang mencakup 4 aspek literasi kimia dalam asesmen PISA. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS versi 22.0 for Windows dan Microsoft Excel. Berdasarkan kriteria Hake (2002), hasil analisis kemampuan literasi kimia siswa menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kelas kedua kelas memiliki kriteria sedang yaitu kelas eksperimen dengan nilai n-Gain sebesar 0,67 dan kelas kontrol sebesar 0,55. Dari hasil uji effect size pada kelas eksperimen menunjukkan 96% tiingginya kemampuan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model inkuiri terbimbing berbasis etnosains kue bay-tat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing berbasis etnosains kue bay-tat berpengaruh dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi koloid dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Kata Kunci:Inkuiri terbimbing, etnosains, etnosains kue bay-tat, literasi kimia, koloid
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301533272 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 03:18 |
Terakhir diubah: | 22 Jun 2023 03:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72895 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |