PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU DI KECAMATAN SUKOHARJO TAHUN 2021)

ERVI , SEPTIA NINGRUM (2022) PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU DI KECAMATAN SUKOHARJO TAHUN 2021). FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3702Kb)
[img]
Preview
File PDF
skripsi no bab 4.pdf

Download (3316Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai karakter kemandirian kepada anak usia dini usia 4-5 tahun di Kecamatan Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif Sampel dalam penelitian ini adalah guru PAUD yang berjumlah 56. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket, sedangkan analisis data digunakan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan cukup baik sebagai pembimbing dalam penanaman kemandirian anak usia dini usia 4-5 di Kecamatan Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui dari 56 guru yang diteliti terlihat peran guru sebagai pembimbing dalam penanaman kemandirian anak usia dini berada pada kategori cukup baik (39,28%), persentasenya yakni, sangat baik (0%) 0 responden, baik (26,78%) 15 responden, yang sedang (39,28 %) 22 responden, rendah (30,35%) 17 responden, dan yang sangat rendah (3.57%) 2 responden. Dari hasil tersebut penyebab peran guru dalam menanamkan kemandirian AUD dalam kategori cukup baik, dikarekan ada 2 indikator yang mempengaruhi hasil dari penelitian yang berada dalam hasil yang sedang yaitu dimensi indikator guru sebagai konsultan dan motivator. Kata Kunci : guru, peran, karakter kemandirian

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2301272025 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:55
Terakhir diubah: 23 Jun 2023 01:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73048

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir