Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Inquiry Laboratory Pencemaran Limbah Industri Laundry Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP

DINA KIFTATUL , KUSNIA (2023) Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Inquiry Laboratory Pencemaran Limbah Industri Laundry Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Full Dina Kiftatul Kusnia_1923025015.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2564Kb)
[img]
Preview
File PDF
Tesis Tanpa Pembahasan Dina Kiftataul Kusnia_1923025015.pdf

Download (1657Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY LABORATORY PENCEMARAN LIMBAH INDUSTRI LAUNDRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran IPA berbasis inquiry laboratory pencemaran limbah industri laundry untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (analyze, design, deve-lopment, implementation, evaluation). Pada tahap analyze sumber data diperoleh dari 30 orang guru IPA dan 80 siswa SMP kelas VII. Pada tahap development sumber data diperoleh dari dua orang validator ahli dan enam orang guru IPA di Propinsi Lampung. Pada tahap implementasi sumber data yaitu 26 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pesawaran. Kevalidan program pembelajaran inquiry laboratory yang dikembangkan dilihat pada aspek kesesuaian isi dan konstruksi. Validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek kesesuaian isi sebesar 77,62% dengan kriteria sedang, dan aspek konstruksi sebesar 99% dengan kriteria sangat tinggi. Keterlaksanaan program dinilai sudah berjalan baik dengan persentase keterlaksanaan sintaks program pembelajaran sebesar 90% dengan kriteria sangat tinggi. Keefektivan program pembelajaran yang ditinjau dari n-gain dan effect size berturut-turut sebesar 0,6 dan 0,95 dengan kriteria sedang dan besar. Berdasarkan hal tersebut, program pembelajaran berbasis inquiry laboratory pencemaran limbah industri laundry efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. Kata kunci: Pembelajaran inquiry laboratory, pencemaran limbah industri laundry, keterampilan pemecahan masalah

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2301573646 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:46
Terakhir diubah: 27 Jun 2023 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73172

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir