PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DADIREJO

ANISA , RAHMADENI (2023) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DADIREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (654Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (540Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 1 Dadirejo, dengan sub fokus penelitian (1) aktivitas peserta didik, (2) aktivitas pendidik, (3) upaya sekolah, dan (4) kendala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Sumber data: kepala sekolah, pendidik, peserta didik dan pustakawan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: aktivitas peserta didik membaca buku, meminjam buku, mencari materi pelajaran; aktivitas pendidik meminjam buku,melakukan kegiatan pembelajaran dan memotivasi peserta didik dengan buku; upaya sekolah yaitu sarana dan prasarana, ruangan, pelayanan, dan program kerja perpustakaan sekolah; kendala sekolah yaitu masih kurangnya buku referensi dan ruangan perpustakaan sekolahyang kurang luas. Kata kunci: pemanfaatan, perpustakaan sekolah, sumber belajar. The aim of this research was to describe the use of school library as a learning resources at SD N 1 Dadirejo. This research focused on: (1) the learners’ activities, (2) the educators’ activities, (3) the schools’ effort, and (4) the schools’ obstacles. The method of the research is qualitative approach. Data collection through interviews and documentation. Data sources: school principals, educators, students and librarian. The validity of the data uses technical triangulation and source triangulation. The result showed that: the learners’ activity is reading books, borrow books, looking for study material; the educators’ activity is borrowing books, doing learning activities and motivated the learner by using a book; the schools’ effort are the infrastructure, the room, the services, and the project of the school library; the obstacles of the school were the lack of reference books and the school library is not spacious enough. Keywords: the usage, school library,learning resources.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301003491 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:03
Terakhir diubah: 27 Jun 2023 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73236

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir