ANALISIS DETERMINAN DAN KEBIJAKAN EKONOMI TERHADAP EMISI GAS KARBON DIOKSIDA (Studi Kasus: Lower Middle Income, Upper Middle Income, and High Income)

HAFIZD KHALAM, RAMADHAN (2023) ANALISIS DETERMINAN DAN KEBIJAKAN EKONOMI TERHADAP EMISI GAS KARBON DIOKSIDA (Studi Kasus: Lower Middle Income, Upper Middle Income, and High Income). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2393Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2393Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan, serta menjelaskan secara deskriptif kebijakan ekonomi terhadap emisi gas karbon dioksida. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data panel yang terdiri dari time series tahun 2000-2019, dan cross section dari masing-masing kelompok negara Lower Middle Income, Upper Middle Income, and High Income. Variabel yang dipergunakan dalam penelitian ini seperti, emisi gas karbon dioksida, sektor industri, sektor transportasi, populasi penduduk kota, dan protokol Kyoto. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi data penel yaitu Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sektor transportasi, populasi penduduk kota, dan protokol Kyoto berpengaruh secara positif dan signifikan, sementara sektor industri berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap emisi gas karbon dioksida pada kelompok negara berpendapatan menengah ke bawah. Kemudian sektor trasnportasi, populasi penduduk kota dan protokol Kyoto berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap emisi gas karbon dioksida pada kelompok negara berpendapatan menengah ke atas. Selanjutnya sektor industri, dan sektor transportasi berpengaruh secara positif dan signifikan, sementara protokol Kyoto berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap emisi gas karbon dioksida pada kelompok negara berpendapatan tinggi. Kata kunci: Emisi Gas Karbon Dioksida, Sektor Industri, Sektor Transportasi, Populasi Penduduk Kota, Protokol Kyoto, Fixed Effect Model (FEM).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 333 Ekonomi tanah dan energi
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi S2
Pengguna Deposit: 2301732668 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:35
Terakhir diubah: 27 Jun 2023 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir