PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA REALIA DAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Elsa, Apriliasari (2023) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA REALIA DAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK .pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1919Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1661Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model guided discovery learning dengan media realia terhadap kemampuan berpikir kreatif pokok bahasan IPA pada peserta didik kelas IV sekolah dasar, (2) pengaruh model guided discovery learning dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kreatif pokok bahasan IPA pada peserta didik kelas IV sekolah dasar, (3) perbedaan pengaruh model guided discovery learning dengan media realia dan gambar terhadap kemampuan berpikir kreatif pokok bahasan IPA pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent kontrol group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Timur dengan jumlah 54 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan model guided discovery learning dengan media realia terhadap kemampuan berpikir kreatif pokok bahasan IPA pada peserta didik kelas IV sekolah dasar, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model guided discovery learning dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kreatif pokok bahasan IPA pada peserta didik kelas IV sekolah dasar, (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model guided discovery learning dengan media realia dan gambar terhadap kemampuan berpikir kreatif pokok bahasan IPA pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, guided discovery learning, media realia, gambar, IPA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301530486 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:36
Terakhir diubah: 14 Jul 2023 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73477

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir