PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)

ULFA, ANNISA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1077Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1162Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 11 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-F sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-G sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian pretest posttest control design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301221316 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:29
Terakhir diubah: 21 Jul 2023 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73559

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir