PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VII. A SMP BINA UTAMA KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

GIYAR, GIYARTO (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VII. A SMP BINA UTAMA KECAMATAN ULU BELU KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (90Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1158Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menjelaskan apakah penerapan model problem based learning dapat mengetahui dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII. A SMP Bina Utama Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah dengan penerapan model problem based learning pada setiap siklusnya, metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan responden kelas VII. A. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan oleh peneliti diketahui bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 54,74%, mengalami peningkatan pada siklus kedua sebesar 7,8% dengan rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 62,54% dan kemudian pada siklus III meningkat lagi sebesar 13,13% dengan rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 75,67%. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dengan selalu memotivasi, membimbing, mengarahkan siswa pada setiap proses pembelajaran oleh guru dan serta melibatkan siswa dalam membuat kesimpulan serta melaksanakan umpan balik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII A SMP Bina Utama Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:26
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir