Yosi Dwi Parleni, 1013053028 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA DI KELAS V SD NEGERI SIDOSARI KECAMATAN NATAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (268Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (325Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep materi IPA di kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep siswa menggunakan teknik tes. Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilai pretest-posttest yang dikonversikan ke dalam bentuk skor gain. Hasil penelitian dan analisis data gain menunjukkan hasil rata-rata gain kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari rata-rata gain kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi IPA di kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar. ABSTRACT The purpose of this research is to know the influence of inquiry learning model application towards science material concept understanding in grade V of Sidosari Elementary School, Natar. This research used pretest-posttest control group design. The population of this research were all students grade V of Sidosari Elementary School, Natar. The sample of this research were students of VA as the experimental class and VC as the control class. Technique of sample taking was using simple random sampling. Technique of data accumulating was using test. This research used quantitative data in form pretest-posttest value data which converted into gain scores. The result and data gain analysis showed that the average of gain class used inquiry learning model is higher than conventional learning. It could be concluded that inquiry learning model influence to science material concept understanding in grade V of Sidosari Elementary School, Natar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 3546246 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Feb 2015 04:35 |
Terakhir diubah: | 26 Feb 2015 04:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7368 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |