PENGARUH PEMANFAATAN ZEOLIT PELET ASAM-FISIK DENGAN NORMALITAS TINGGI TERHADAP PRESTASI MESIN DIESEL 4-LANGKAH

Juni Eko Purnomo, 0912021006 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN ZEOLIT PELET ASAM-FISIK DENGAN NORMALITAS TINGGI TERHADAP PRESTASI MESIN DIESEL 4-LANGKAH. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR NOTASI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (463Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (321Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menghemat bahan bakar minyak sekarang ini adalah dengan memaksimalkan udara yang akan digunakan dalam proses pembakaran. Zeolit alam yang teraktivasi asam-fisik mampu menyaring nitrogen dan uap air dan hanya oksigen murni yang masuk dalam ruang pembakaran, sehingga terjadilah pembakaran yang sempurna. Peningkatan nilai konsentrasi pada aktivasi kimia dapat mempengaruhi kemampuan absorpsi zeolit. Semakin tinggi nilai konsentrasi asam yang digunakan, maka semakin bertambah luas permukaan spesifik pori-pori zeolit dan menyebabkan zeolit menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemanfaatan filter zeolit pelet terhadap prestasi mesin diesel 4-langkah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan variasi normalitas tinggi pada masing-masing larutan aktivator HCl dan H2SO4 dengan nilai konsentrasi 1N, 2N, 3N, dan 4N, dengan aktivasi fisik pada 200 0C selama 1 jam. Pengujian yang dilakukan dengan variasi massa rapat dan renggang pada uji prestasi mesin diesel 4-langkah. Mesin dioperasikan pada putaran rendah (1500 rpm), putaran menengah (2000 rpm), dan putaran tinggi (2500 dan 3000 rpm). Pelet tersebut dikemas dalam suatu frame filter dan diletakkan pada saringan udara mesin uji sehingga sebelum udara masuk ke dalam ruang bakar, terlebih dahulu terkontak dengan pelet zeolit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelet teraktivasi HCl-fisik dengan nilai konsentrasi 1N dapat meningkatkan daya engkol sebesar 2,303 % dan menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 3,151 % pada putaran menengah. Sedangkan pada penggunaan zeolit pelet teraktivasi H2SO4 1N dapat meningkatkan daya engkol sebesar 2,157 % dan menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 2,867 %. Penggunaan zeolit teraktivasi HCl-fisik lebih baik dibandingkan dengan zeolit teraktivasi H2SO4-fisik walaupun tidak signifikan, yaitu kenaikan daya engkol rata-rata sebesar 2,063 % pada HCl dan sebesar 1,958 % kenaikan pada H2SO4. Penghematan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 3,308 % pada HCl dan sebesar 3,125 % pada H2SO4. ABSTRACT Nowadays, one of the solutions to save fuel is to maximize the air in the combustion process. Natural zeolite that is physically and chemically activated is capable to filter nitrogen and water vapor so that only pure oxygen that come into the combustion chamber in order to make a complete combustion. The increase of the concentration on chemical activation may affect the adsorption ability of the zeolite. Higher concentration of acid used results the wider specific surface area of zeolite pores and makes the zeolite become active. This research aims to observe the effect of using zeolite pellets as adsorbent to increase the performance of a 4-strokes diesel engine. This research was tested in high normality variation of activator, HCl and H2SO4, with the concentration of 1N, 2N, 3N, and 4N, and physical activation at 200 0C for 1 hour. The tests were conducted in dense and distant zeolite arrangement variations of a 4-strokes diesel engines. The engine was operated at low speed (1500 rpm), medium speed (2000 rpm), and high speed (2500 and 3000 rpm). The pellets were put on a frame of filter. Then, that frame was placed on the air filter of the engine so that before the air came into the combustion chamber, it firsly contacted with the zeolite pellets. The results showed that the pellet activated using HCl at 1N increased the brake power of 2.303% and decreased brake specific fuel consumption of 3.151% in the medium speed. While, the use of zeolite pellets activated using H2SO4 with 1N consentration increased the brake power of 2,157% and decreased brake specific fuel consumption of 2.867%. The use of HCl-physical zeolite was better compared to the one that was activated using H2SO4 although the difference was not significant. Which were, the average increase of the brake power of 2,063% using HCl and of 1.958% using H2SO4. The average decrease of the fuel consumption of 3.308% HCl and of 3.125% for H2SO4.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > Teknik mesin dan mesin
> Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Depositing User: 4428331 . Digilib
Date Deposited: 25 Feb 2015 08:24
Last Modified: 25 Feb 2015 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item