FIRDA , OVITA SANJAYA (2023) MITOS DALAM PARIWARA PRODUK KECANTIKAN WARDAH DAN RANCANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2822Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2077Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mitos yang terdapat dalam pariwara produk kecantikan wardah dan rancangannya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mitos yang terdapat di dalam produk kecantikan wardah dengan cara menganalisis penandaan denotasi dan konotasi sehingga dapat mengetahui isi pesan yang disampaikan dalam pariwara produk kecantikan wardah. Setelah itu dibuat rancangannya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari pariwara produk kecantikan Wardah Feel the Beauty dan Wardah Cantikmu Siap Hadapi Dunia yang diakses melalui YouTube. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan teknik dekomentasi, yaitu mencari dan mengunduh data berupa file video pariwara produk kecantikan wardah di www.youtube.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mitos di dalam pariwara produk kecantikan Wardah Feel the Beauty, yaitu kecantikan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mitos yang terdapat di dalam pariwara produk kecantikan Wardah Cantikmu Siap Hadapi Dunia, yaitu: kulit yang sehat, lembab, dan terawat dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat menjalani hidup.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pariwara produk kecantikan Wardah Feel the Beauty dan Wardah Cantikmu Siap Hadapi Dunia dapat dijadikan media dalam rancangan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII terkait dengan KD 3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Kata kunci : mitos, pariwara, dan rancangan pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2301255866 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:03 |
Terakhir diubah: | 26 Jul 2023 07:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73739 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |