PENGARUH MODEL PROJECT-BASED BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

SUZANNA, WATI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (10).pdf

Download (93Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (2).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1600Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1424Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pemanasan global. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 2 (kelas eksprimen dengan model pembelajaran Project-Based Blended Learning) dan XI MIPA 3 (kelas kontrol dengan model pembelajaran Project-Based Learning) di SMAN 16 Bandar Lampung. Instrumen tes yang digunakan berupa 6 soal essay dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,710. Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran model Project-Based Blended Learning berdasarkan uji effect size sebesar 0,785 yaitu dalam kategori tinggi. Rata-rata n-gain kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dalam kategori tinggi yaitu 0,7903. Adapun rata-rata n-gain kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol dalam kategori sedang yaitu 0,3971 Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif secara signifikan sig. (2-tailed) > 0,000 antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji statistik, pembahasan, dan hasil penelitian yang relevan, dapat disimpulkan bahwa model Project-Based Blended Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Adapun kendala dalam penelitian yaitu alokasi waktu yang terbatas dan kurangnya kemampuan siswa dalam merancang desain proyek film pendek. Kata kunci: Project-Based Blended Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Pemanasan Global.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301542369 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:49
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73848

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir