PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK

RIKA , FITRIYANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSTAD BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2079Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1882Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran INSTAD berbantuan LKPD terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Sampel pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Negeri 1 Way Jepara tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran INSTAD mampu meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan metakogitif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Serta, didukung dari data hasil uji hipotesis Independent sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya bahwa model pembelajaran INSTAD berbantuan LKPD dapat meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik pada topik momentum dan impuls serta gerak harmonis sederhana. Kata kunci: INSTAD, LKPD, Kemampuan Metakognitif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301221998 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:26
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 08:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73852

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir