ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI ERA DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI 11 METRO PUSAT

TIARA, ANDINI (2023) ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI ERA DIGITAL PASCA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1236Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2847Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan sosial peserta didik sekolah dasar di era digital khususnya pasca pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu 1) memberi informasi mengenai keterampilan sosial peserta didik di era digital pasca pandemi covid-19, 2) mengetahui faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial peserta didik, 3) usaha pendidik mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik dan orang tua peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, 1) keterampilan sosial yang dimiliki peserta didik meliputi aspek perilaku interpersonal yang cukup, perilaku yang berhubungan dengan diri-sendiri yang kurang baik, peer acepptance yang cukup, kesuksesan akademik yang baik , dan perilaku komunikasi yang cukup, 2) faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial peserta didik meliputi faktor internal, yaitu faktor yang berasal dalam diri peserta didik dan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitar peserta didik, 3) usaha pendidik dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik meliputi mencontohkan sikap yang baik kepada peserta didik, memotivasi peserta didik, membimbing peserta didik, memberikan arahan kepada peserta didik, mengetahui dan menguasai kondisi peserta didik saat di dalam kelas, mengajak dan mengayomi peserta didik, bekerja sama dengan orang tua untuk mengedukasi dan mengawasi perilaku peserta didik. Kata kunci: covid-19, era digital, keterampilan sosial

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301628790 . Digilib
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:51
Terakhir diubah: 31 Jul 2023 08:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73865

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir