PENGARUH PROJECT-BASED BLENDED LEARNING TERHADAP ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Indah Ardita, Putri (2023) PENGARUH PROJECT-BASED BLENDED LEARNING TERHADAP ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2711Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2449Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini difokuskan pada penerapan Project-Based Blended Learning pada pembelajaran fisika. Dalam proses pembelajaran tentunya diperlukan suatu strategi pembelajaran yang tepat agar dapat melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memiliki peran penting untuk hasil belajar siswa. Oleh karena itu, salah satu strategi yang dapat digunakan guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project-Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Project-Based Blended Learning terhadap argumentasi ilmiah siswa kelas XI pada materi alat optik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes soal essay yang berjumlah sepuluh soal. Hasil penelitian ini diuji melalui uji N-Gain, dimana didapatkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,69 dan lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,40. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini juga menggunakan uji Independent Sample T-Test sebagai uji hipotesis, dimana berdasarkan pengujian tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya bahwa implementasi Project-Based Blended Learning dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa, karena model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301376890 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:02
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 06:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73922

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir