PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SUKOHARJO PADA MATA PELAJARAN PPKn

Raras , Agestia Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SUKOHARJO PADA MATA PELAJARAN PPKn. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3243Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3053Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di Smp Negeri 3 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen research atau eskperimen semu. Sampel dalam penelitian berjumlah 52 responden yang terdiri dari 26 responden kelas eksperimen dan 26 responden kelas kontrol.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan test dan selanjutnya dianalisis dengan Uji Paired Sample T Test Dan Uji Independent T Test Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh adanya penerapan model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di SMP Negeri 3 Sukoharjo yang berdasarkan Uji N-Gain Score mempunyai efektivitas sebesar 64% yang dapat dikategorikan cukup efektif . Kemudian terdapat perbedaan selisih nilai rata-rata hasil posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol yang signifikan berarti menunjukan kemampuan mengemukakan pendapat anatara kelas eksperimen yang memiliki pemberlakuan khusus menggunakan model pembelajaran SQ3R yang terdiri dari lima langkah yaitu Survey, Question, Read, Recite And Review sementara kelas kontrol hanya menggunakan metode ceramah dan tidak diberikan perlakuan khusus. Kata kunci: Model Pembelajaran, SQ3R, Mengemukakan Pendapat, Peserta Didik, PPKn

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301780372 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:05
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 06:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73924

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir