PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP UTAMA WACANA 8 KECAMATAN MESUJI TIMUR KABUPATEN MESUJI

ROBETH TEGAR , FRANSENO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP UTAMA WACANA 8 KECAMATAN MESUJI TIMUR KABUPATEN MESUJI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2305Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2231Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar di SMP Utama Wacana 8, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain yang digunakan dalam pre-experimental design adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Utama Wacana 8 dengan sampel kelas VIII A berdasarkan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji coba persyaratan instrumen dengan uji validitas, uji reliabilitas instrumen tes, taraf kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas data dan uji lineritas. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-test dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelumnya nilai rata-rata 42,59 dan sesudahnya nilai rata-rata 58,96. (2) uji t yaitu ketentuan sig (2-tailed) Thitung > Ttabel (0,05) yang menunjukan terdapat pengaruh. (3) uji regresi sederhana (R Square) sebesar 0,366 yang memiliki pengertian bahwa besaran pengaruh adalah sebesar 36,6% dan lainnya sebesar 63,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : model pembelajaran, project based learning, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301878387 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:21
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73932

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir