PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI STEM BERBANTUAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK

Nanda, Denny DPJ (2023) PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI STEM BERBANTUAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2571Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog pembelajaran perubahan iklim berorientasi STEM yang efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi dan argumentasi peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model Research and Development 4D (Four-D Models). Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas VII A dan VII B yang terbagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan angket. Analisis data berdasarkan data n-gain, effect size dan persentase deskriptif tanggapan pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blog pembelajaran berorientasi STEM hasil pengembangan dinyatakan: (1) dapat meningkatkan kemampuan representasi dan argumentasi peserta didik dengan kriteria sedang (0,4) dan memberikan pengaruh besar (0,8).; (2) blog pembelajaran berorientasi STEM menarik (93,2%), bermanfaat (94,4%), dan mudah dipahami dari segi bahasa (93,7%) berdasarkan hasil tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan blog pembelajaran perubahan iklim berorientasi STEM. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat dinyatakan bahwa blog pembelajaran perubahan iklim berorientasi STEM efektif digunakan menjadi media pembelajaran dalam mempelajari materi perubahan iklim.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 2301356738 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:33
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73936

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir