PENGARUH MODAL INTELEKTUAL PADA NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2021)

LAY ARIFAH, INDAH PARIMARMA (2023) PENGARUH MODAL INTELEKTUAL PADA NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2021). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2810Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Modal intelektual dianggap sebagai sumber daya penting yang memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya dalam upaya penciptaan nilai perusahaan, tetapi keterbatasan laporan keuangan dalam menjelaskan nilai perusahaan dan ketidakpastian definisi modal intelektual mengakibatkan sebagian besar persepsi investor tentang nilai perusahaan masih berfokus pada kinerja keuangan perusahaan. Beberapa penelitian sebelumnya telah menemukan hasil yang berbeda mengenai pengaruh antara modal intelektual dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan, leverage, dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel kontrol. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2021. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu dan diperoleh sampel sebanyak 29 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Employed Efficiency (CEE), Human Capital Efficiency (HCE), dan Structural Capital Efficiency (SCE) tidak terbukti berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena belum adanya keterlibatan modal intelektual secara optimal sebagai upaya penciptaan nilai tambah bagi perusahaan sektor perbankan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran manajemen perusahaan dalam pemberdayaan seluruh modal intelektual yang dimilikinya. Bagi peneliti di masa depan juga dapat memperluas keterbatasan pada penelitian ini dengan menggunakan jenis metode pengukuran dan jenis industri lainnya. Kata kunci: Modal Intelektual, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 2301548575 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:30
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73959

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir