ANALISIS TENTANG POLA PENYUSUNAN PESAN DALAM CYBER PUBLIC RELATIONS DI KEPOLISIAN RESOR LAMPUNG TIMUR

DELLA AVISHA , PUDJADI (2023) ANALISIS TENTANG POLA PENYUSUNAN PESAN DALAM CYBER PUBLIC RELATIONS DI KEPOLISIAN RESOR LAMPUNG TIMUR. ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3607Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3109Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3288Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan lalu lintas dan kriminalitas yang mendominasi menjadi suatu alasan untuk seorang Public Relations Polres Lampung Timur masif disebarkan. Karena kini praktik kehumasan sudah mulai memanfaatkan media internet ataupun media sosial seperti Instagram dan ini menjadi suatu hal yang harus dapat dikelola oleh Public Relations. Hal ini juga sebagai peluang untuk meminimalisir adanya gangguan di ruang cyber dengan cara mempublikasikan hal-hal positif tentang Polri baik secara informatif maupun persuasif untuk mempertahankan reputasi dan juga kredibilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi informatif dan persuasif yang dilakukan oleh Cyber Public Relations Polres Lampung Timur di Instagram dan hasil penerapan Cyber Public Relations di Polres Lampung Timur. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data, mengolah data, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Strategi Manajemen Kehumasan oleh Cutlip & Center Broom dan Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Actions). Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa Cyber Public Relations Polres Lampung Timur dalam menyebarkan pesan informatif menggunakan jenis (1) space order, (2) time order, dan (3) deductive order sedangkan untuk pesan persuasif menggunakan jenis (1) fear appeal dan (2) reward appeal. Berdasarkan dari penyebaran pesan yang dilakukan itupun menghasilkan respon kognitif, afektif, dan konatif serta ditemukan bahwa atensi masyarakat cenderung mengarah pada respon kogitif bila ditinjau berdasarkan insight Instagram. Adapun untuk hasil penerapan Cyber Public Relations di Polres Lampung Timur sudah berjalan dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: Komunikasi Informatif, Komunikasi Persuasif, Cyber Public Relations

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301242526 . Digilib
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:42
Terakhir diubah: 01 Aug 2023 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73968

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir