ANNICA , SEKAR ARUM (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SENSOR SMARTPHONE (PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1406Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1133Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan sensor smartphone (Physics Toolbox Sensor Suite) terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Sampel yang digunakan yaitu, siswa kelas X MIPA 4 yang berjumlah 35 siswa dan X MIPA 5 yang berjumlah 35 siswa di SMAN 1 Tanjung Bintang tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan The Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, soal tes pilihan ganda. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan Physics Toolbox Sensor Suite mampu meningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi gerak harmonis sederhana yang dibuktikan melalui perolehan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Serta didukung dengan data hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,004 artinya bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan sensor smartphone (Physics Toolbox Sensor Suite) dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi gerak harmoni sederhana. Kata Kunci: Discovery Learning, Physics Toolbox Sensor Suite, Penguasaan Konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301540441 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 06:37 |
Terakhir diubah: | 02 Aug 2023 06:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74004 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |