Eka , Pratiwi (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penulisan ini bertujuan untuk dapat: 1) mengembangkan LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV, 2) Menganalisis efektivitas LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV. Penulisan ini adalah merupakan penulisan deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulisan ini merupakan jenis penulisan Research and Development (R and D). Pengambilan sampel pada penulisan ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penulisan ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pinang Jaya Kemiling Bandar Lampung. Pengumpulan data pada penulisan ini menggunakan teknik dokumentasi, tes tertulis, dan penyebaran angket. Instrument yang digunakan dalam penulisan ini adalah tes yang telah diujikan validitas dan realibilitasnya dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0 for windows dengan taraf signifikansi 0,05. Selanjutnya data diolah menggunakan uji independent sampel-test. Hasil penulisan menunjukkan bahwa: 1) Produk LKPD berbasis PjBL memiliki pengaruh dan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kritis peserta didik pada pembelajaran tematik yaitu pada ahli materi sebesar 0,97 (sangat valid), ahli media sebesar 0,95 (sangat valid), dan ahli bahasa sebesar 0,96 (sangat valid). 2) LKPD berbasis PjBL yang telah dikembangkan efektik untuk digunakan dengan perolehan skor posttest 0,56 dan pada pretest 0,21. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, LKPD, PjBL The objectives of this study are to: 1) develop Project Based Learning (PjBL)-based Student Worksheets that can be used to enhance students' critical thinking abilities in class IV integrated thematic learning; and 2) assess the efficiency of Project Based Learning (PjBL)-based Student Worksheets in enhancing students' critical thinking abilities in class four integrated thematic learning. This study employs a quantitative method and is descriptive in nature. Research and Development (R and D) research is what this study falls under. Purposive sampling is used in this study's sample process. Students in the fourth grade at SD Negeri 2 Pinang Jaya Kemiling Bandar Lampung made up the study's population. This study used written tests, questionnaires, and documentation methods to gather data. The SPSS 24.0 for Windows application was used to examine the validity and reliability of the study's instrument at a significance level of 0.05. Furthermore, the independent sample test was used to analyse the data. The findings demonstrate that: 1) PjBL-based Student Worksheets products, namely material experts (0.97; very valid), media experts (0.95; very valid), and linguists (0.96; very valid), have an impact and are practicable to utilize to enhance students' critical abilities in theme learning. 2) The created PjBL-based Student Worksheets is useful for usage, scoring 0.56 on the posttest and 0.21 on the pretest. Keywords: Critical thinking skills, PjBL, Student Worksheets.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 2301639424 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:40 |
Terakhir diubah: | 03 Aug 2023 01:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74043 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |