GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ALAM AL-KARIM LAMPUNG

MIFTAKHUL , JANNAH (2023) GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ALAM AL-KARIM LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK `.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2831Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2692Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SD Alam Al Karim Lampung dengan rumusan masalah pokok bagaimana kepemimpinan situasional di SD Alam Al Karim Lampung dalam Gaya Telling, Selling, Participating dan Delegating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenalogi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Sember data penelitian berjumlah 10 orang dengan key informan kepala sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) kepemimpinan situasional pada gaya telling dilaksanakan dengan memberitahukan secara rinci tugas yang diberikan, mengawasi pelaksanakan tugas, memberikan bimbingan, menetapkan standar kerja, memberikan penghargaan, dan membantu menemukan solusi, (2) Kepemimpinan situasional pada gaya selling dilaksanakan dengan menerangkan tugas yang diberikan, memberikan pengarahan, terbuka akan pertanyaan (konsultasi), memberikan bimbingan, pemantauan dan pengendalian, (3) Kepemimpinan situasional pada participating dilaksanakan dengan terbuka akan masukan/ide/pendapat/kritikan, memberikan motivasi, pengakuan dan penghargaan, mengembangkan ide dan kreativitas, dan (4) Kepemimpinan situasional pada gaya delegating dilaksanakan dengan memberikan tanggung jawab pribadi, memberikan kepercayaan pengelolaan tugas, menyerahkan pengambilan keputusan, bebas dalam kreatifitas, dan mendukung pengembangan kompetensi. Kata Kunci: kepemimpinan, situasional, SD Alam Al Karim ABSTRACT SCHOOL PRINCIPLE SITUATIONAL LEADERSHIP STYLE AT ALAM AL-KARIM LAMPUNG ELEMENTARY SCHOOL By MIFTAKHUL JANNAH This study aims to describe the situational leadership style of the principal at SD Alam Al Karim Lampung with the formulation of the main problem how is situational leadership at SD Alam Al Karim Lampung in the Telling, Selling, Participating and Delegating Style. This study uses a qualitative approach with a phenomenological research design. Data collection techniques using in-depth interviews, observation and document study. The research data source consisted of 10 people with key informants from the school principal. Data analysis techniques were carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of the study found that: (1) situational leadership in the telling style is carried out by displaying in detail the tasks given, supervising the implementation of tasks, providing guidance, setting work standards, giving awards, and helping solutions, (2) situational leadership in the selling style is carried out by explaining the tasks given, giving directions, opening questions (consultation), providing guidance, training and control, (3) situational guidance participating by opening input/ideas/opinions/criticism, providing motivation, recognition and appreciation, developing ideas and training , and (4) Situational training in the delegation style is carried out by giving personal responsibility, giving confidence in managing tasks, submitting decision making, being free in creativity, and supporting the development of content. Keywords: leadership, situational, SD Alam Al Karim

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301272921 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2023 05:06
Terakhir diubah: 03 Aug 2023 05:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74080

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir