PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PADA ISU SDGs

Anisa, Hikmawati (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PADA ISU SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF
File Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3654Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
File Full tanpa pembahasan.pdf

Download (3586Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan berorientasi pada isu SDGs. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 18 Bandarlampung tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling atau pengambilan sampel dengan tujuan tertentu seperti perbedaan kemampuan akademik dan jumlah siswa antar dua kelas, sehingga diperoleh kelas VII B sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,58 kriteria “sedang” dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,48 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,20 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,12> 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, serta hasil uji effect size sebesar 1,77 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL berorientasi pada isu SDGs terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok pencemaran lingkungan. Kata kunci: problem based learning, SDGs, berpikir kritis, pencemaran lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301867771 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:08
Terakhir diubah: 04 Aug 2023 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74094

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir