PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELARAN INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

FATMA , TRISNAWATI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELARAN INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (467Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2558Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD 1 Metro Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penggunaan media interaktif animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan non-equivalent control grup design. Penelitian ini menggunakan teknik ordinal pairing dengan jumlah 60 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan menggunakan soal tes pilihan jamak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penerapan media interaktif animasi berupa meningkatnya hasil belajar IPA peserta didik pada kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan dengan menggunakan media interaktif animasi, hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t pengaruh pada kelas eksperimen dan kontrol, diperoleh data pada kelas eksperimen dengan thitung > ttabel (dengan taraf signifikansi 5%, α = 0,05) maka didapat = thitung = 3,063 > ttabel= 2,045 yang artinya ada peningkatan hasil belajar IPA dengan media interaktif animasi, pada kelas kontrol diperoleh data thitung > ttabel (dengan taraf signifikansi 5%, α = 0,05) maka didapat = thitung = 2,661 > ttabel = 2,045 yang artinya ada peningkatan hasil belajar IPA tanpa media interaktif animasi, dan dapat simpulkan peningkatan lebih tinggi pada kelas eksperimen. Menggunakan rumus uji perbedaan dengan dk = (30+30-2) = 58 dengan taraf signifikansi 5% maka didapat = 2,021 sehingga thitung = 3,578> ttabel= 2,021 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan media media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA pada kelas eksperimen dan kontrol. Dari uji perbandingan di atas dapat di simpulkan bahwa media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA, sehingga media interaktif animasi bisa di jadikn model pembelajaraan untuk pendidik. Kata kunci: hasil belajar, IPA, media media interaktif animasi The problem in this study is the low science learning outcomes of fourth grade students at SD 1 Metro Utara. The purpose of this study is to determine the influence and significant differences in the use of animated interactive media. This type of research is quasi-experimental research. The research design used was a non-equivalent control group design. This study used the ordinal pairing technique with a total of 60 students. The instrument used uses multiple choice test questions. The results showed that there were significant influences and differences in the application of animated interactive media in the form of increasing students' science learning outcomes in the experimental class after receiving treatment using interactive animated media, this was demonstrated by testing the hypothesis using the t-test formula for the effect on the experimental and control classes. data obtained in the experimental class with tcount > ttable (with a significance level of 5%, α = 0.05) then obtained = tcount = 3.063 > ttable = 2.045 which means there is an increase in science learning outcomes with interactive animated media, in the control class obtained tcount data > ttable (with a significance level of 5%, α = 0.05) then obtained = tcount = 2.661 > ttable = 2.045 which means there is an increase in science learning outcomes without interactive animated media, and it can be concluded that the increase is higher in the experimental class. Using the difference test formula with dk = (30 + 30-2) = 58 with a significance level of 5%, it is obtained = 2.021 so that tcount = 3.578> ttable = 2.021 which means that there is a significant difference in the use of interactive animated media media on science learning outcomes in experimental and control class. From the comparison test above, it can be concluded that interactive media can improve science learning outcomes, so that animated interactive media can be used as a learning model for educators. Keywords: learning outcomes, natural science, animated interactive media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301724210 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:49
Terakhir diubah: 07 Aug 2023 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74134

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir