ANADYA , TRI SABRINI (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (9Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
LKPD berbasis strategi PQ4R merupakan alternatif untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan efektivitas LKPD berbasis strategi PQ4R untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Gugus Labuhan Ratu, Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sebanyak 24 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data kevalidan menunjukkan LKPD berbasis strategi PQ4R sangat valid untuk digunakan. Teknik analisis data efektifitas menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,63 dengan signifikansi 0,01<0,05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis strategi PQ4R yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Keywords: Berpikir Kreatif, LKPD, Strategi PQ4R Worksheet based on the PQ4R strategy is an alternative to improve students' creative thinking. This study aims to determine the validity and effectiveness of worksheet based on the PQ4R strategy to improve students' creative thinking. This research is a type of Research and Development (R&D) research, the development is carried out according to the theory of Borg & Gall. The population of this study were fourth grade students at SD Gugus Labuhan Ratu, Bandar Lampung. The subjects in this study were determined using a purposive sampling technique which obtained 24 students. The data collection tool uses valid and reliable test instruments. The validity data analysis technique shows that the PQ4R strategybased worksheet is very valid to use. Effectiveness data analysis technique uses NGain with a calculation result of 0.63 with a significance of 0.01 <0.05. Based on this research, it can be interpreted that the worksheet based on the PQ4R strategy developed is valid and effective for increasing the creative thinking of elementary school students. Keyword: Creative Thinking, Strategy PQ4R, Worksheet
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 2301190074 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 08:03 |
Terakhir diubah: | 07 Aug 2023 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74196 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |