Indah Dwi Hari Utari, 1913021013 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1837Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1793Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 312 siswa yang terdistribusi ke dalam 10 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-6 yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-7 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji mann-whitney. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proporsi siswa yang mengikuti model problem based learning memiliki kemampuan penalaran matematis mencapai kategori sedang lebih dari 60% dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, penalaran matematis siswa, problem based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301991401 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 04:15 |
Terakhir diubah: | 09 Aug 2023 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74348 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |