EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS REPRESENTASI KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMA

Marsella, Dwi Riyanti (2023) EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS REPRESENTASI KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2760Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1242Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis representasi kimia dengan model discovery learning dalam meningkatkan KPS pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 14 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen yang diterapkan LKPD berbasis representasi kimia dengan model discovery learning dan kelas kontrol yang menggunakan LKPD tidak berbasis representasi kimia dengan model discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis representasi kimia dengan model discovery learning efektif dalam meningkatkan KPS peserta didik pada materi kesetimbangan kimia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301696340 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:43
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir